Manfaat Jamur Merang

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjrxx5eQHSN73ZLI9sH-akbPMODyT2oYTfWQ7WAR2Bkax-ejWnQRLjw1nw8_YsR8JT6BXeokYCji3V9DBDTzGn8rJCgTItyxTqyBBT6i2saeSYOI__cn48ylC___ODN1VQECqBx2f9k7h-r/s1600/jamur-merang.jpg

     Budidaya jamur ini tidak sulit. Panen dilakukan terhadap tubuh buah yang belum sepenuhnya berkembang (masih kuncup), meskipun tubuh buah yang telah membuka payungnya pun masih bisa dikonsumsi walaupun harnga jualnya menurun.Sentra produksi jamur merang di Indonesia terdapat di Dataran Tinggi Dieng. Di negara-negara Asia yang membudidayakannya, jamur merang dijual dalam bentuk segar. Di daerah beriklim sejuk hanya tersedia jamur merang kalengan.

      Jamur merang sudah sering dikonsumsi masyarakat sebagai makanan. jamur ini mudah diperoleh karena banyak dijual di pasar baik dalam bentuk segar, di awetkan, maupun dikemas dalam kaleng. jamur merang yang dikemas dalam kaleng dapat dibeli ditoko dan pasar swalayan. selain dibuat keripik, jamur merang juga dapat dimasak menjadi sayur, misalnya sebagai bahan sup. Jamur merang dapat dijadikan sebagai makanan pelindung karena mengandung vitamin B kompleks yang lengkap. termasuk riboflavin dan asam amino esensial.
     Selain bermanfaat sebagai makanan, jamur merang juga berkhasiat mengobati penyakit diabetes dan kekurangan darah. Bahkan, jamur merang dapat dikonsumsi untuk mengobati kanker. Jamur merang juga dapat membantu proses pencernaan karena didalam jamur merang mengandung beberapa enzim, terutama enzim tripsin.