Jeruk Nipis sebagai Minuman dan Bahan Obat


         Buah jeruk nipis yang besarnya hanya sebesar bola tenis itu ternyata banyak mengandung asam sitrun dan vitamin C. karena terdapat rasa yang sangat asam, jeruk jenis ini sering tidak pernah dimakan sebagai buah pencuci mulut. orang lebih suka memanfaatkan jeruk nipis untuk dibuat minuman, hangat maupun dingin. Buah jeruk nipis dibelah-belah, diperas. air buah itu lalu di encerkan dengan air hangat atau dungin serta dibubuhi gula secukupnya atau bila perlu ditambah batu es. Minuman ini rasanya asam yang dapat menjegarkan dan menyehatkan badan.

         Jeruk nipis, sebagai bahan obat sederhana cukup banyak penggunanya. Yang paling sederhana cukup banyak penggunanya. Yang paling sederhana misalnya sebagai obat batuk rejan. cara membuat obat batuk sederhana itu yaitu dengan menyiapkan satu buah jeruk yang sudah tua kemudian dibelah menjadi dua, lalu diolesi kapur sirih dan di panggang di atas api. setelah itu diperas, air nya diminum atau digosok-gosokan pada tenggorokan dan di sekitar leher.
         Selain di campur atau diolesi kapur sirih, jeruk nipis sebagai obat batuk juga sering di ramu dengan kecap atau madu. satu buah jeruk nipis dibelah dan diperas, airnya ditampung di dalam gelas. Pada air perasaan itu dibubuhkan madu atau kecap yang sama banyaknya, diaduk sampai rata dan diminum.
        Untuk penyakit kulit seperti kurap dan kadas, perasaan jeruk nipis di campur dengan akar tanaman landep yang dilumatkan kemudian di oles-oleskan pada kulit yang kadas dan kurap. Penyakit disentri, biduran, mencret, disentri, influenza, encok atau pegel linu. masuk angin maupun pusing kepala adalah penyakit-penyakit yang bisa di obati dengan ramuan yang menggunakan jeruk nipis sebagai salah satu bahannya.
            selain untuk bumbu penyedap masakan dan obat-obatan tradisional, jeruk nipis juga sering digunakan untuk mencuci barang-barang dari kuningan supaya hilang karatnya.