Khasiat Daun sirih






           Daun sirih adalah tumbuhan yang mempunyai bau yang khas, rasanya yang pedas dan agak terasa langu.Sirih mengandung minyak terbang yang warnanya kuning agak kehijau-hijauan. minyak sirih sudah puluhan tahun yang lampau digunakan orang-orang di eropa sebagai salah satu obat penting.

           Di negara kita sirih paling banyak digunakan untuk makan sirih bersama-sama buah pinang, kapur, dan gambir. konon dengan cara memakan sirih secara teratur bisa membuat gigi kita menjadi kuat dan tidak mudah retak maupun tanggal. Kebiasaan masyarakat indonesia memakan sirih ternyata juga banyak dilakukan orang di India, Thailand, Kamboja dan Negeri cina. Bahkan dulu diperkirakan sekitar 10 % penduduk di beberapa negeri di Asia mempunyai kebiasaan memakan sirih.
          Daun sirih paling terkenal sebagai obat untuk menyembuhkan sakit mimisan (hidung berdarah). gulung daun sirih sebanyak sata atau dua lembah sampai sebesar telunjuk kemudian ptong ujung sirih lalu sumbatkan pada lubang hidung yang mimisan. Sakit gigi pun sering di obati dengan sirih yaitu dengan cera berkumur rendaman daun sirih dalam air hangat. Berkumur dengan rendaman daun sirih juga berkhasiat menghilangkan bau hawa mulut yang tak sedap karena gigi berlobang atau rusak.
           Obat-obat batuk yang kini dijual dalam kemasan-kemasan botol pun banyak yang tebuat dari sari daun sirih. kegunaanya yaitu mengobati batuk rejan, beberapa lembar daun sirih dan daun jinten ditambah kapulaga dan kayu manis, semuanya direbus dengan air dan diminum pada waktu-waktu tertentu. Penyakit-penyakit lain yang biasa diobati dengan ramuan daun sirih yaitu bisul, pegal linu, gusi bengkak dan berdarah, pusing kepala dan radang pada tenggorokan.