Kegunaan Dari Kencur



            Kencur adalah tanaman yang memiliki bau akar yang khas, rasanya yang sangat pedas, dan apabila saat kita makan terasa hangat di dalam badan. Walaupun saat pertama kita memakannya teras pahit, tetapi lama kelamaan kencur tersebut menimbulkan rasa tebal pada lidah jika kita memakannya.
  Didalam kandungan umbi kencur mengandung minyak atsiri atau minyak terbang yang rasanya pedas, namanya galangol. selain itu juga mengandung berbagai persenyawaan seperti cineol, asam methil dan sebagainya.

            Kencur banyak dijadikan obat-obatan tradisional sebagai bahan baku. Misalnya yang paling mudah adalah hanya dengan mengunyah beberapa butir kencur untuk mengobati bengkak pada gusi. ada pula beberapa orang menggunakan kencur sebagai obat gosok untuk mengurangi rasa sakit pegal linu atau rhematik. Masuk angin pun diobati dengan mengunyah beberapa kencur dan ditambahkan garam.
             Diantara semua jenis obat tradisional, beras kencur adalah paling populer. cara membuatnya pun tidak sukar. yaitu mula-mula beras direndam ke dalam air, kemudian bersama kencur dan sedikit garam halus kemudian di taburkan di dalam beras yang terisi air dan beras tadi. rendam 10 menit kemudian disaring. Air saringan itulah yang dinamakan beras kencur. rasanya yang pedas bila kita minum membuat perut menjadi terasa hangat. kini beras kencur sudah mulai di buat di pabrik-pabrik besar dan dijual dalam botol-botol khusus.
            Penyakit-penyakit lain yang biasa di obati dengan ramuan kencur yaitu batuk, nyeri pada perut, muntah-muntah, panas dalam dan lain-lain.