Cara Menghilangkan komedo

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEieh1PYaXosIDOlKlV0erSnZf6Yx5sbtRkOmPUp1flAG2tYBchNT5KA4DIWSV2mLLrTiCvMmGCxYgqsWKtgebn3cjNQNhTCR1V69RG6nFxvkeBmNeKD0hBLhVYNkJ9yF40Yoa84sr63MjTL/s1600/blackheads.jpg

          Produksi kelenjar sebasea pada kulit remaja membuat wajah terutama hidung dipenuhi oleh komedo. Umumnya komedo dan jerawat akan berkurang dan menghilang seiring bertambahnya usia.
          Ada dua jenis komedo yakni yang berwarna hitam dan  berwarna putih. komedo yang berwarna hitam adalah komedo yang terbuka kemudian teroksidasi sehingga berwarna hitam sedangkan komedo berwarna putih yakni komedi masih didalam kuli atau komedo yang masih baru keluar. cara menghilangkan komedo dapat dilakukan dengan menggunakan produk perawatan kecantikan dan memanfaatkan teknologi. berikut ini adalah beberapa cara untuk menghilangkan komedo pada wajah.

  1. Menggunakan strip penghilang komedo. ini cara yang cepat dan mudah, kamu bisa membelinya di supermarket atau di apotik terdekat. supaya lebih efektif, lunakkan komedo dengan cara menggunakan air hangat sebelum memakai strip penghilang komedo. gunakan strip ini secara teratur apabila komedo datang lagi.
  2. putih telur. cara kerjanya sama dengan strip penghilang komedo, bedanya ini menggunakan bahan alami,. pertama-tama kocok putih telur hingga berbusa. oleskan bagian wajah yang berkomedo kemudian tutup dengan tisu lalu tunggu hingga kering sempurna. setelah kering, angkat tisu secara perlahan. akan terlihat bintik-bintik komedo yang terangkat oleh tisu.
  3. Uap air. Uap air yang mengenai wajah akan membuka pori-pori dan melunakan komedo sehingga lebih mudah dikeluarkan. sebagai tambahan bisa juga menambahkan air jeruk nipis di air hangat tersebut. carannya dekatkan wajah dengan air mendidih hingga uap nya menyentuh wajah, hati-hati jangan telalu dekat. supaya hasilnya maksimal, taruh handuk bersih dikepala sehingga uap air lebih lama mengenai wajah.biarkan hingga sekitar 5 menit kemudian bersihkan komedo dengan menggunakan kapas hangat.
  4. menggunakan pembersih wajah yang dapat menghilangkan komedo. produk-produk seperti ini tersedia untuk pria maupun wanita. bersihkan wajah dengan sabun maksimal dua kali sehari karena lebih dari itu dapat merusak flora normal wajah.
  5. pergi ke dokter kulit atau salon. Bagu yang ingin kemudahan, pergi saja ke salon dan minta perawatan menghilangkan komedo. setiap salon atau dokter kulit bisa saja memiliki metode yang berbeda, mulai dari yang sederhana hingga menggunakan alat yang canggih misalnya extraktor, facial, waxing atau jika terlalu banyak bisa menggunakan laser.
          Metode apapun yang kita pilih pastikan mencuci tangan dengan sabun supaya  bakteri di tangan tidak masuk pori-pori dan menimbulkan iritasi atau bahakan jerawat bar. setelah membersihkan komedo, kecilkan pori-pori dengan menggunakan air es atau es.