Buat tubuh bugar sepanjang hari

http://caesarwolf.files.wordpress.com/2010/12/olahraga.gif

          Membangun tubuh yang sehat dan fit bukan sesuatu yang didapat dalam waktu sehari tetapi butuh disiplin dan komitmen dalam jangka panjang. Pada awalnya mungkin akan terasa agak berat tetapi setelah beberapa waktu usaha untuk mendapatkan tubuh fit atau bugar akan menjadi kebiasaan yang menyenangkan.
          Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dilakukan agar badan menjadi bugar:
1.Cukup minum
          Sebagian tubuh kita terdiri dari air. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan mempelancar metabolisme dan pengoptimalan energi. jangan biarkan kita merasa haus dan air putih adalah pilihan terbaik. kurangi minuman yangbanyak kalori dan gula karena dapat meningkatkan berat badan.

2.Nutrisi Seimbang
          Jika kita memiliki tubuh yang kurus sebaiknya meningkatkan jumlah kalori sedangkan jika tubuh terlalu gemuk sebaiknya mengurangi asupan kalori dan lemak. Tetapi secara umum, perbandingan protein, lemak yang di butuhkan kurang lebih 15% kalori, 25% lemak, dan 60% karbohidrat. selain itu kita juga membutuhkan banyak sayuran dan buah untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral.

3.Makan dan masak masakan pavorit dengan cara sehat
         Cobalah bereksperimen dengan cara-cara memasak yang sehat misalnya dengan memasak makanan dengan cara di kukus atau direbus tidak dengan cara digoreng atau di bakar.

4.Kurangi alkohol
         Alkohol merupakan musuh tubuh kita, alkohol mempengaruhi banyak organ dalam tubuh. oleh karena itu apabila mengkonumsi terlalu banyak maka akan merusak metabolisme pada tubuh.

5.Cukup Tidur
          Tidur merupakan pendukung penting agar tubuh tetap fit dan segar. kurang tidur beberapa jam saja semalam dapat memperlambat metabolisme pada tubuh. tidur yang cukup dan tepat waktu juga membuat hormon-hormon bekerja dengan baik dan baik juga terhadap sistem yang ada di tubuh untuk beristirahat.

6.Jaga agar berat badan tetap ideal
         berat badan yang berlebih sering dihubungkan dengan jantung, dan diabetes. orang dengan kelebihan berat badan juga lebih mudah lelah. menjaga agar berat badan tidak terlalu gemuk atau terlalu kurus dapat membuat tubuh lebih bugar sehingga organ-organ bisa bekerja secara maksimal.

7.Disiplin dan olahraga
          Kunci penting untuk tubuh yang fit dan sehat adalh olahraga tetapi sekarang banyak orang yang melakukan olahraga sebagai hukuman untuk menurunkan berat badan bukan sebagai gaya hidup sehat yang memang sudah seharusnya dilakukan.