Manfaat Jamur Kuping


          Jamur kuping dapat dimanfaatkan baik sebagai bahan masakan maupun sebagai obat dan penawar racun. Sebagai bahan masakan. Jamur kuping memiliki rasa yang lezat jika dimasak menjadi sup kimlo, nasi goreng jamur, tauco jamur, sukiyaki, atau bakmi jamur.
          Meskipun kurang menarik saat di hidangkan sebagai bahan makanan, jamur kuping memilik khasiat sebagai obat dan penawar racun. Jamur kuping berlending dan lendir itu terlihat pada saat dimasak atau dipanaskan. Lendir tersebut dapat digunakan sebagai pengantal makanan. Lendir jamur kuping juga bermanfaat bagi kesehatan. Adapun khasiat lendir jamur kuping sebagai berikut:

  1. Menonaktifkan atau menetralkan kolesterol.
  2. Menonaktifkan racun baik dalam bentuk racun nabati, racun residu pestisida.maupun racun berbentuk logam berat. Hampir semua masakan cina ditambahkan jamur kuping. Adapun tujuannya adalah menonaktifkan racun yang terbawa makanan.
  3. Kandungan senyawa dalam lendir jamur kuping efektif dapat menghambat pertumbuhan carcinoma dan sarcoma (kanker) sampai 80-90 %
  4. Lendir jamur kuping dapat bermanfaat menghambat dan mencegah penggumpalan darah.
  5. Mempelancar datang bulan (haid).
  6. Mempelancar buang air besar.
  7. Mengatasi kurang darah.
  8. Mengurangi panas dalam.
  9. Mengurangi rasa sakit pada kulit akibat luka bakar.
  10. Menetralkan senyawa berbahay yang terdapat pada makanan. biasanya, dalam masakan tionghoa yang terdiri atas banyak bahan makan selalu ditambahkan jamur kuping. Tujuanya adalah untuk menetralkan racun yang ada dalam salah satu makanan tersebut.
  11. Menyembuhkan sakit tenggorokan.
  12. Menurunkan tekanan darah.