Manfaat Jamur Ling Zhi

http://w21.indonetwork.co.id/pdimage/89/2367289_jamur-2.jpg

            Manfaat jamur Ling Zhi, tips kesehatan, Jamur Ling Zhi pertama kali dikonsumsi oleh kaisar Sin Shi Huang Ti (Huang Di) pada 250 SM sebagai obat untuk panjang umur atau agar tetap awet muda. Sementara menurut para herbalis di negeri tirai bambu itu menyebutkan bahwa jamur ini telah digunakan untuk pengobatan sejak zaman Kaisar Shen Nung (2737 SM). Dalam catatan pengobatan kuno terutama di negeri Cina, Jepang dan Korea menempatkan Ling Zhi sebagai bahan konsumsi onat utama yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

* Sifat dan khasiatnya
Ling zhi memiliki sifat rasa pedas, pahit, dan hangat. Mengonsumsi ramuan dari ling zhi memiliki efek bersifat melindungi organ tubuh, membangun ( constructive) , mengobati, dan berdampak positif terhadap penyembuhan organ lain yang sakit. Sejauh ini belum pernah ditemukan efek negatif yang ditimbulkan setelah mengonsumsi ramuan ling zhi.

Jamur Ling Zhi atau jamur merah (Ganoderma lucidum) diketahui memiliki khasiat sebagai obat. jamur tersebut mengandung zat-zat sebagai berikut:

1.Triterpenoids
        Triterpenoids dapat membantu meningkatkan sistem peredaran darah. mengurangi kadar kolesterol dan lemak netral di dalam tubuh.

2.Adenosin
        Adenosin dapat membantu melancarkan peredaran darah, membantu metabolisme dan menjaga kesehatan tubuh, serta menambah energi sehingga anda menjadi lebih bertenaga.

          selain itu, jamur Ling Zhi dapat mengobati penyakit asma kronis, bronkhitis, dan sinus. Pada tahun 1970-an di negara Cina telah dilakukan penelitian terhadap 2.000 penderita penyakit bronckhitis. Mereka diberi jamur Ling zhi dalam bentuk pil selama dua minggu. Hasil yang diperoleh yaitu 60-90 % menunjukan pemulihan penyakit tersebut termasuk peningkatan selera makan. Pengujian yang dilakukan di Jepang juga menunjukan adanya pemulihan 50-90 % pada penderita penyakit asma, bronkhitis dan sinus.