Gejala-Gejala Orang Lemah Jantung


         Jantung adalah sekumpuulan otot sebesar genggaman tangan. Tugas utama jantung adalah memompa darah yang mengangkut nutrisi dan oksigen ke sel-sel yang membutuhkan serta mengangkut limbah sel tubuh. Kemampuan jantung untuk melaksanakan tugas berangsur-angsur bisa menurun sejalan dengan pertambahan usia seseorang. Hal ini terjadi karena ada gangguan fungsi otot jantung.


         Banyak gangguan yang terjadi pada jantung. Salah satu yang sering menyerang adalah lemah jantung. Lemah jantung terjadi ketika jantung tak berfungsi secara normal atau kemampuannnya menurun. Kemampuan otot jantung tergantung tekanan darah terjadi pada tubuh. Kemampuan jantung untuk memompa darah akan menurun ketika otot jantung membesar. Hal ini memicu terjadinya lemah jantung.
         Berikut beberapa gejala yang timbul ketika seorang mengalami lemah jantung:

  1. Sesak nafas. ketika jantung melemah fungsinya, darah akan masuk kembali ke pembuluh darah paru-paru yang memasok oksigen sehingga pernafasan menjadi terganggu. Sesak nafas bisa terjadi pada saat olahraga atau melakukan kegiatan berat lainnya. Sesak nafas akan menimbulkan kecemasaan dan kelelahan.
  2. Batuk kronis. penumpukan cairan di dalam paru-paru akan menyebabkan batuk. Biasanya batuk akan di ikuti dengan lendir atau dahak yang bercampur darah.
  3. Detak jantung cepat dan tidak menentu. seseorang yang mengalami lemah jantung biasanya jantungnya berdebar dan jantung berdenyut cepat. Hal ini terjadi karena untuk mengimbangi kemampuan jantung untk memompa darah.
  4. Nafsu makan berkurang. Hati dan sistem pencernaan kurang mendapatkan pasokan darah sehat yang menyebabkan rasa mual dan rasa kenyang sebelum makan. Hal ini dapat membuat berat badan berkurang dengan cepat.
  5. Pembengkakan. Aliran darah yang mengganggu mengakibatkan ginjal memproduksi hormon yang membuat penyimpanan garam dan air. Akibatnya menyebabkan pembengkakan. biasanya pembengkakan terjadi pada pergelangan tangan dan kaki.
  6. Kelelahan. Ketika jantung mulai melemah, maka jantung tidak memompa darah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan seluruh tubuh. Aliran darah dialihkan dari bagian yang kurang pentinh (seperti tangan dan kaki). ke bagian yang penting (seperti otak dan paru-paru). Akibatnya penderita sering mengalami kelelahan terutama pada bagian kaki dan tangan.
  7. Gangguan berfikir. Kandungan zat dalam darah (natrium) yang tidak normal serta berkurangnya pasokan darah ke otak dapat mengganggu daya ingat atau dis orientasi.
          Untuk memastikannya, kita bisa periksa ke dokter. pantangan untuk penderita lemah jantung adalah menghindari kenaikan tekanan darah. jadi makanan yang memicu kenaikan tekanan darah perlu dibatasi. Batasi penggunaan garam dalam makanan, dan hindari stress.