Inilah Bahayanya jika Makan dan Minum sambil Berdiri

Di Indonesia, kesopanan dalam hal makan dan minum sudah diterapkan sedari kecil. Anak-anak diajarkan untuk makan dan minum dengan duduk yang baik.
Tujuan utama orang tua mengajari anak makan dan minum sambil duduk adalah untuk mengajarkan kesopanan. Selain itu, makan dan minum sambil duduk juga dapat mencegah tersedak. Tapi ternyata makan dan minum sambil duduk dapat menjadikan kita terhindar dari bahaya kanker esofagus.
Makan sambil berdiri / ilpartyhouse.tistory.com
Hal ini dikarenakan, makanan dan minuman yang dikonsumsi dengan berdiri menyebabkan makanan langsung masuk ke usus dan akan dapat menimbulkan masalah pencernaan.

Menurut dr. Ana Budi Rahayu, Sp.S., Spesialis Saraf RS PKU Muhammadiyah Bantul, kebiasaan tersebut dapat menyebabkan reflux asam lambung. Hal ini berarti memungkinkan asam lambung naik ke esofagus dan mengiritasi sel-sel kerongkongan.
Lebih bahaya lagi, jika hal itu terjadi secara terus-menerus, maka akan menyebabkan kanker esofagus. Padahal, makan dan minum dengan berdiri nampaknya sudah menjadi pemandangan lazim di masyarakat belakangan ini.
Terlebih pada mereka yang setiap harinya sibuk dikejar waktu hingga tak sempat duduk untuk makan. Dan model pesta sekarang adalah standing party, dimana para tamu diperkenankan menyantap makanan sambil berdiri.
Sangat bahaya ya efek makan dan minum sambil berdiri? Untuk itu, mulailah rubah kebiasaanmu makan dan minum sambil berdiri agar terhindar dari penyakit berbahaya.
Sumber : http://www.catatankecilku.net/2016/01/inilah-akibatnya-jika-makan-dan-minum.html