Baru sudah makan tapi masih lapar

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhSf_s0Hn0rdD1TCjoZzRhOZj29joC3-kf9Aggutb2wFmONXCML98ZR-3OFirOSnpCWyXkCA4_0QPnLSqyx4S2tLdFSSe9ylsS8KdQTSPpzJUCBdzLJQtodrehaZwx6CifIhqTenCefJGpt/s1600/om.jpg 


sudah makan tapi masih merasa lapar, jika ini yang kita alami, coba kita introspeksi diri. para pakar sepakat, faktor terbesar penyebab nafsu makan tidak terkendali adalah berbagai kebiasaan sehari-hari. berikut kebiasaan kita sehari-hari yang tidak sadar kita lakukan.
1.Tidak suka dengan sayur dan buah-buahan.
         Konsumsilah minimal lima porsi sayur dan buah setiap harinya. di sayur dan buah banyak mengandung serat, vitamin, dan mineral. kandungan diatas membuat kita akan merasakan lebih lama kenyang.
2. Terlalu banyak minum kopi
         Minum kopi terlalu banyak merangsang keinginan tubuh untuk menambah kalori yang lebih tinggi dari gula. selain itu juga kafein yang berlebihan dapat membuat kita gelisah dan stres. tegangan ini kadang menyebabkan makan berlebihan untuk kekenyangan. biasanya sebuah roti atau gorengan teman kopi saat menyantapnya.

3.Terlalu banyak mengkonsumsi gula.
         Gula memicu tubuh untuk menimbun kelebihan kalori dan menambah nafsu makan. mengapa demikan? karena tubuh dan otak kita sangat suka dengan rasa manis, terutama saat sedang dalam keadaan terkekan. semakin banyak gula yang dikonsumsi, semakin otak akan menagih dan semakin sulit kita mengendalikan keinginan untuk mengunyah.

4.Kurang tidur
         semakin dikit tidur, semakin besar kemungkinan anda menjadi gemuk. ya, kelelahan akan membuat tubuh menagih energi lebih dari makanan. itu pun telah dibuktikan oleh beberapa peneliti bahwa pekerja yang kurang tidur mengonsumsi makanan ekstra sebanyak 500 kalori per hari.

5.hobi ngemut permen.
         
Permen pun sama seperti gula. satu bungkus permen mengandung total 250 kalori, dengan 188 kalori didapatkan dari kandungan gula.hal ini sama dengan tiga perempat piring nasi yang dikonsumsi. karenannya jika kita sedang diet, jangan remehkan permen meski bentuknya kecil saja.

6.Makan menggunakan piring besar.
          Piring besar akan mendorong kita akan makan lebih banyak dibandingkan dengan piring kecil. Coba bayangkan jika semua hidangan itu ditempatkan dipiring yang ukurannya lebih kecil, kita akan mensantap makanan tersebut lebih sedikit.

7.Suka minum asam
          Menurut situs natural-homoremedies, minuman asam dapat menambah selera makan kita. Di dalam buah asam terdapat zat asam tastrat, malate, succinate, dan aseta yang berfungsi melancarkan pencernaan dan sirkulasi darah lancar, keinginan untuk bersantap pun akan semakin baik.

8.Kurang rekreasi
          rekreasi dengan pola makan ternyata memiliki hubungan yang erat. karena hampir setiap hari manusia mengalami stress, hal ini berdampak kepada nafsu makan. biasanya seseorang melampiaskan sarana untuk melampiaskan emosi negatif tersebut. biasanya pelampiasan itu berupa makanan. jadi semakin sering kita rekreasi maka kita akan terhindar dari stress dan makan-makan yang terlampau banyak.