Penyakit Apakah Hypertensi itu ?



Apakah penyakit hipertensi itu ?
 Penyakit hipertensi adalah penyakit tekanan darah tinggi. Di dalam kehidupan sehari-hari secara alami tekanan darah akan naik dan turun sesuai kondisi tubuh dan aktivitas masing-masing orang. bila dalam rentang waktu yang lebih panjang tekanannya tetap tinggi maka di sebut terkena tekanan darah tinggi.
Untuk menyatakan seseorang menderita tekanan darah tinggi perlu dilakukan beberapa pemeriksaan yaitu pemeriksaan fisik (termasuk pengukuran tekanan darah), pemeriksaan laboratorium dan beberapa pemeriksaan diagnostik lainnya.



Siapakah yang beresiko menderita hipertensi ?
  1. Mempunyai keluarga yang menderita hipertensi
  2. Berumur diatas 55 tahun memiliki kegemukan ( obesitas)
  3. Tidak pernah berolahraga
  4. Merokok
  5. Mengkonsumsi alkohol berlebihan
  6. Wanita hamil atau menggunakan pil KB
  7. Makan makanan yang banyak mengandung lemak atau garam
Bagaimanakah gejala penyakit hipertensi itu ?
  1. Sakit Kepala
  2. Pusing
  3. Migrein
  4. Peradarahan hidung (mimisan)
  5. Sukar tidur
  6. Sesak nafas
  7. Cepat marah
  8. Telinga berdenging
  9. Berat pada leher
  10. Berdebar
  11. Sering BAK saat malam
    Penyakit darah tinggi tidak dapat disembuhkan tetapi dapat di tangani dan di kontrol. unntuk mengetahui langkah-langkah yang dilakukan, kita harus berkonsultasi dengan dokter dan melakukan pengecekan tekanan darah secara teratur.
   Apabila membiarkan tekanan darah tinggi tetap tinggi tanpa penanganan maka dapat menyebabkan kerusakan jantung, rusaknya pembuluh darah, otak, mata dan ginjal.
    Tekanan darah normal yang merupakan tujuan terapi adalah dibawah 140/90 mmHg sedangkan hipertensi yang disertai penyakit ginjal atau diabetes tekanan darah yang ingin dicapai 130/80 mmHg.