5 Sumber makanan yang kaya serat



Serat adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika kekurangan serat, maka kesehatan usus besar akan terganggu. Demi memenuhi kebutuhan serat tersebut, maka sebaiknya Anda mengonsumsi kelima jenis makanan kaya serat seperti berikut ini.

-Biji-bijian
Biji-bijian yang biasa dikenal dengan nama legume mengandung serat yang sangat tinggi. Selain itu, legume juga kaya akan protein dan vitamin.

-Gandum
Membiasakan diri mengonsumsi produk gandum juga akan membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan serat sehari-hari. Berbagai produk gandum yang bisa Anda nikmati adalah oat, brown rice, tepung gandum, dan roti gandum.

-Kacang-kacangan
Kacang bisa dijadikan makanan ringan maupun tambahan pada sajian makan besar Anda. Almond, walnut, dan pistachio adalah contoh kacang-kacangan yang mengandung serat tinggi.

-Buah-buahan
Keluarga buah berry merupakan sumber serat yang paling tinggi di antara jenis buah yang lain. Jika bosan dengan buah berry, Anda juga bisa menikmati apel, pir, jeruk, dan pisang untuk asupan serat harian.

-Sayuran
Jangan malas makan bayam, lobak, kentang, bunga kol, kubis ungu, dan labu yang mengandung serat tinggi. Memakan sayuran tersebut jelas akan membuat kondisi usus besar Anda semakin menyehatkan.